Simulasi Digital (Digital Marketing)

Author

Andi Hermanto

Published

August 1, 2022

1 Simulasi Digital (Digital Marketing)

1.1 Apa itu Simulasi Bisnis?

  • Solomon (2022)
    Pembelajaran berbasis simulasi digital memberikan pengalaman imersif yang dekat dengan kondisi bisnis nyata.

  • Charlesworth (2018)
    Simulasi Bisnis Digital memungkinkan untuk menguji strategi pemasaran digital melalui beberapa skenario.

  • Anderson & Lawton (2009)
    Business Simulations meningkatkan keterampilan problem solving, kolaborasi tim, dan pengambilan keputusan berbasis data.

Referensi

1.2 Dimana Posisimu?

  • Bisnis Konvensional
    • Transaksi tatap muka (offline)
    • Lokasi & waktu terbatas (toko fisik)
    • Strategi marketing ketinggalan zaman
    • Keterikatan dengan customers terbatas
  • Bisnis Digital
    • Transaksi online (website, aplikasi, marketplace)
    • Tanpa batas ruang & waktu (24/7, global reach)
    • Promosi lewat digital marketing (SEO, SEM, media sosial)
    • Hubungan pelanggan interaktif & berbasis data

1.3 Definisi

Note

Dikutip di sejumlah buku dan Jurnal.

Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan media digital untuk mempromosikan produk dan melibatkan konsumen.
Kotler (2016)


Digital marketing merupakan penggunaan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran melalui komunikasi yang terintegrasi.
Chaffey (2012)


Digital marketing adalah strategi pemasaran menggunakan instrumen digital.
A. Hermanto (et al.)


1.4 Types of Digital Marketing

  • Email marketing
  • Search engine optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Display advertising
  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Affiliate marketing
  • Influencer marketing
  • Pay-Per-Click (PPC) Advertising

1.5 STARTING TING UP?


1.6 Testing in Digital Marketing

  • Pertanyaan utama:
    1. Apa yang harus saya uji?
    2. Kapan saya mengujinya?

Jawaban: Ujilah sebanyak mungkin, sesering mungkin, dan sedini mungkin.
(Rob Stokes, The Essential Guide to Marketing in a Digital World)

1.7 Ideation – Renungkan!!

Pertanyaan yang harus dijawab: - Apa masalah yang ingin Anda pecahkan? - Mengapa masalah itu muncul? - Apakah itu masalah Anda? - Apa yang sudah dilakukan oleh orang lain? - Apakah Anda kompeten menjawab pertanyaan tersebut?


1.8 Ideation

Mencari ide seharusnya mudah, tapi ternyata tidak.
Bahkan mengkhayal pun kadang sulit.


1.9 Implementasi Ide

Implementasi sebuah ide itulah yang sulit.
Yang lebih sukses adalah mereka yang bisa mengimplementasikan ide menjadi nyata.
Secret sauce = cara implementasi, bukan idenya.


1.10 Apakah masalah timing ini menghalangi entrepreneur?


1.11 The Expected Output

Pitching
- Elevator pitch: menjelaskan ide dalam waktu singkat


1.12 Know the Audience

  • Anda harus tahu siapa yang mendengarkan presentasi
  • Di tahap awal: pitching ide kepada teman / calon co-founder
  • Saat pengembangan: pitching ke developer (requirement produk)
  • Saat mencari investor: harus menjelaskan potensi pasar

Terima Kasih

Created by Andi Hermanto

Back to top